Rabu, 29 Agustus 2018

Peran Mahasiswa di Zaman Era Milenial oleh ILHAM RIZQIAWAN

 Peran Mahasiswa di Zaman Era Milenial


Assalamu'alaikum Warohmatulloh Wabarokaatuh,

Mahasiswa, adalah rangkaian 2 kata sanskerta dari Maha yang artinya amat/sangat dan Siswa yang artinya adalah seseorang yang sedang menempuh pendidikan di suatu instansi/lembaga pendidikan. Mahasiswa adalah sebutan bagi orang yang sedang menempuh pendidikan tinggi di sebuah perguruan tinggi yang terdiri atas sekolah tinggi, akademi, dan yang paling umum adalah universitas.

Seperti yang kita ketahui bahwa peran Mahasiswa sangatlah penting bagi kemajuan dan perubahan peradaban suatu daerah atau lingkungan, dikarenakan Mahasiswa adalah poros dalam mendobrak keterbelakangan peradaban suatu lingkungan.

Dengan Ilmu yang ia cari selama di Perguruan Tinggi, harus bisa teraplikasikan dengan bentuk pengabdian dan edukasi bagi lingkungan sekitarnya, adapun Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu :
1. Pendidikan/Pengajaran
2. Penelitian/Pengembangan
3. Pengabdian

Menurut Salah satu Mentor Kami di Universitas Sunan Gunung Djati Bandung yang bernama Ka Aldi Ripaldi, sekecil apapun ilmu yang kita dapatkan harus bisa diamalkan untuk orang banyak, kutipan ini sesuai dengan sebuah Hadist dari Rasulullah Shollalloohu 'Alaihi Wasallam dari Abdullah bin Amr radhiyallahu ta’ala ‘anhu, bahwa Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
بَلِّغُوا عَنِّى وَلَوْ آيَة
“Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat” (HR. Bukhari)

Karena Mahasiswa tidak boleh mementingkan Ilmu bagi dirinya sendiri, setiap apa yang kita punya baik dari harta, keturunan, istri, dan ilmu semua akan dipertanggungjawabkan dihadapan Allah Azza Wajalla kelak di Yaumul Hisab,  Salah satu Hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam yang menggambarkan keadaan hari kiamat adalah Hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu. Dalam Hadits tersebut Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
لَا تَزُوْلُ قَدَمَا ابْنِ آدَمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ عِنْدِ رَبِّهِ حَتَى يُسْأَلَ عَنْ خَمْسٍ عَنْ عُمْرِهِ فِيْمَا أَفْنَاهُ وَعَنْ شَبَابِهِ فِيْمَا أَبْلَاهُ وَعَنْ مَالِهِ مِنْ أَيْنَ اكْتَسَبَهُ وَفِيْمَا أَنْفَقَهُ وَمَاذَا عَمِلَ فِيْمَا عَلِمَ.
Tidak akan bergeser kedua kaki anak Adam di hari kiamat dari sisi RabbNya, hingga dia ditanya tentang lima perkara (yaitu): tentang umurnya untuk apa ia habiskan, tentang masa mudanya untuk apa ia gunakan, tentang hartanya dari mana ia dapatkan, dan dalam hal apa (hartanya tersebut) ia belanjakan serta apa saja yang telah ia amalkan dari ilmu yang dimilikinya.” (HR. at-Tirmidzi no. 2416, ath-Thabrani dalam al-Mu’jam al-Kabir jilid 10 hal 8 Hadits no. 9772 dan Hadits ini telah dihasankan oleh Syaikh Albani dalam Silsilah al-AHadits ash-Ashahihah no. 946)

Era Milenial adalah era dimana teknologi sudah semakin canggih, berkembang pesatnya teknologi dalam kurun waktu 20 tahun sudah banyak menghadirkan banyak perangkat canggih yang membantu banyak pekerjaan manusia, namun dari pesatnya teknologi ini membuat manusia semakin malas melakukan banyak kegiatannya, selain dari itu karena informasi sudah semakin cepat tersebar membuat berita yang terbukti kebenarannya dan yang hoax semakin tak terkontrol, banyak orang yang telah terpengaruh oleh berita yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya sehingga membuat permusuhan, perselisihan, pertengkaran, bahkan sampai masuk ke ranah perbuatan kriminal Na'udzubillaahi Min Dzaalik.

Dalam hal ini Mahasiswa berperan penting sebagai lentera bagi orang banyak dalam memberikan edukasi dan pengarahan ke berbagai kalangan masyarakat, yang bisa dikemas dalam bentuk workshop, seminar, atau penyuluhan.

Kenapa ini penting?
Menurut Guru Berpikir dan Guru Kurikulum Sastrawan dan filosof Bernad Shaw mengatakan bahwa di dunia ini hanya ada 2% orang mau benar-benar berpikir dan 3% orang yang menunjukkan bahwa ia sedang berpikir dan 95% lagi lebih memilih mati daripada harus berpikir, dari pernyataan ini menggambarkan pada era milenal ini yang segala sesuatu bisa mudah dan instan menyebabkan manusia tidak ingin berpikir jauh lagi, sifat individualis dan cenderung apatis semakin menjadi sifat utama kebanyakan manusia.

Dan Mahasiswa lah yang menjadi salah satu solusi dari permasalahan ini, ide - ide cerdas dan edukatif Mahasiswa sangat dibutuhkan saat ini, yang juga menjadi pelopor dalam merubah pemikiran manusia saat ini agar bisa menjadi lebih baik.

Sekian dari dari Saya,
Semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Warohmatulloh Wabarokaatuh 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar